Land Card atau kartu jaringan adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari sebuah komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis Lan Card yang beredar terbagi menjadi dua jenis, yakni Land card yang bersifat fisik dan Land Card yang bersifat logis.

Contoh land card yang bersifat fisik adalah Ethernet, Token ring, dan lainnya.Sementara land card yang bersifat logis ialah loopback adapter dan Dial-up adapter.Disebut juga dengan network adapter. Setiap jenis lan card diberi nomor seri yang disebut MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh penggunanya.

Land card fisik umumnyaberupa kartu yang ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, PCI, EISA, MCA atau PCI EXPRESS. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, juga dapat berupa kartu external yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, serial, pararel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile)

     Land card fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni :

  • Land card dengan media jaringan yang spesifik yang membedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, yang dapat berupa twistedd-pair(UTP dan STP), Thinet/Thiknet atau bahkan tanpa kabel
  • Land Card dengan arsitektur jaringan yang spesifik, yang membedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan.Contohnya Ethernet, Token Ring serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan Nic yang berbeda-beda.
Land Card Logis merupakan jenis land card yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan diatas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter dan Dial-up adapter


Hasil gambar untuk lan card

Lan card merupakan komponen komputer yang berguna untuk menggantikan fungsi port lan yang ada pada mainboard karena rusak. Pemasangannya pun tidak sembarangan, dibawah ini saya akan menjelaskan tentang cara memasang lan card yang baik dan benar.  

Hasil gambar untuk cara pasang lan card

1. Siapkan lan card yang baik2. Pastikan lan card dalam kondisi bersih3. Ketika akan memasangnya pada komputer, pastikan komputer dalam kondisi mati

       baca juga :pengenalan hardware

4. Pasang la card pada slot PCI yang terdapat pada mainboard
5.  Agar lebih aman pasang sekalian skrupnya yaa.
6. Jika sudah, silahkan anda hidupkan kembali komputer anda dan pasang kabel lannyasekarang komputer anda sudah terhubung jaringan.Cukup mudah bukan ??
sekian informasi dari saya kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih